Bagi Pemula, Begini Tips yang Aman Untuk Investasi Kripto!

Bagi Pemula, Begini Tips yang Aman Untuk Investasi Kripto!

Cryptocurrency atau mata uang kripto menjadi hal yang menarik untuk investor yang juga memiliki nyali besar. Apabila celahnya sudah diketahui, maka akan ada hasil luar biasa yang bisa anda peroleh. Akan tetapi, ada baiknya anda jangan berinvestasi secara asal dan pastikan dulu berbagai hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan ketika akan berinvestasi aset kripto.

Usahakan supaya anda bisa terhindar dari berbagai kesalahan yang mungkin saja terjadi khususnya jika anda masih pemula agar risiko kerugian juga bisa dikurangi. Dari beberapa sumber terpercaya, berikut adalah beberapa tips sukses berinvestasi mata uang kripto yang bisa dipelajari untuk pemula agar bisa sukses.

1. Ketahui Strategi Perdagangan Kripto

Jika berbicara tentang cryptocurrency yang asli dan penipuan, maka terbilang sulit untuk dilakukan. Bahkan, penipuan investasi kripto juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu ketika anda berhadapan dengan berbagai informasi mengenai cryptocurrency, ada baiknya anda mundur dari beberapa hal yang sedang populer.

Cobalah untuk melihat proyek dengan kritis. Ada berapa banyak pengguna yang dimiliki, masalah yang dipecahkan dan hubungannya dengan industri. Hindari juga koin yang hanya memberikan janji namun belum memberikan sesuatu secara nyata.

2. Awali Dengan Nominal yang Kecil

Ada banyak orang yang menganggap jika untuk mengawali investasi perlu modal yang tidak sedikit. Namun sebetulnya, anda bisa saja mengawali investasi meski dengan modal sedikit contohnya hanya dengan 50 ribu.

Hal penting namun sering dilupakan adalah cara menyesuaikan nominal investasi dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Sebaiknya, pakailah uang dingin atau dana yang memang dialokasikan untuk investasi dan bukan dana keperluan atau kebutuhan yang mendesak.

3. Mencari Tahu Serta Mempelajari Ilmu Dasar Aset Kripto

Biasanya, banyak orang yang mengalami FOMO [Fear of Missing Out] serta mulai berinvestasi aset kripto tanpa memiliki persiapan dan hanya mengikuti tren. Agar hal ini bisa diminimalisir, maka sebaiknya pastikan anda melakukan riset lewat berbagai sumber yang terpercaya sebelum memutuskan untuk berinvestasi aset kripto.

Riset menjadi hal yang penting sekaligus fundamental untuk anda lakukan. Periksa latar belakang pada aset serta platform yang nantinya akan anda pakai. Pastikan juga untuk mempelajari perkembangan dunia supaya kerugian bisa diminimalisir.

4. Investasi Pada Lebih dari Satu Jenis Koin Aset Kripto

Sebaiknya, jangan investasikan uang anda hanya pada satu koin saja. Agar kerugian bisa diminimalisir, maka anda bisa membagi dana yang anda punya untuk beberapa koin atau lebih sering disebut dengan diversifikasi. Dengan begitu, anda akan punya cadangan investasi serta kesempatan memperoleh keuntungan pada aset kripto yang lainnya.

5. Mencari Tahu Top Gainer Serta Top Loser

Pada aktivitas jual beli aset investasi, investor sering memperhatikan aset top gainer dan juga top loser di hari itu. Top gainer merupakan koin yang mengalami peningkatan harga tertinggi dan terjadi di 1 hari perdagangan. Sementara top loser merupakan koin yang mengalami penurunan harga tertinggi di hari itu.

Untuk seorang investor, informasi tentang koin top gainer serta top loser ini sangat penting agar bisa memberi pandangan tenang koin yang sedang punya tren positif atau negatif dan juga kondis pasar secara menyeluruh.

6. Pelajari Analisis Fundamental Aset Kripto yang Diminati

Sebelum mulai terjun berinvestasi aset kripto, anda sebaiknya memahami lebih dulu tentang berbagai jenis mata uang kripto yang sedang beredar. BTC atau bitcoin memang menjadi yang paling diminati, namun ada juga jenis mata uang lainnya seperti Ripple atau XRP, Ethereum atau ETH, cardano atau ADA, Binance atau BNB dan sebagainya.

Untuk itu, analisis fundamental ketika trading aset kripto menjadi hal yang dianggap bisa berpengaruh pada nilai. Ini harus dilakukan supaya anda bisa paham tentang nilai dari aset atau sekuritas yang sebenarnya.

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk evaluasi aset kripto adalah dengan berkunjung ke websitenya untuk melihat informasi yang berhubungan. Sesudah itu, baca juga whitepaper atau litepaper untuk melihat informasi lebih mendalam tentang proyek yang dikerjakan atau roadmap pengembangan selanjutnya. Selain itu, anda juga harus melihat pendirinya serta komunitasnya yang ada di media sosial.

7. Mempelajari Grafik Candlestick Untuk Analisis Teknikalnya

Sesudah melakukan analisis fundamental, maka anda juga harus belajar tentang anaisis teknikalnya. Umumnya trader aset kripto akan memakai indikator teknikal agar bisa memperoleh pengetahuan tambahan tentang aksi harga sebuah aset.

Karena tidak punya aturan atau otoritas dari lembaga lain, maka harga aset kripto seperti bitcoin akan tergantung dari penggunaan baik itu pembeli atau penjual. Untuk itulah, analisis teknis akurat sekaligus tepat sangat dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan trading aset kripto.

Analisis teknis nantinya bisa membantu anda untuk mengumpulkan berbagai petunjuk yang penting untuk memprediksi nilai mata uang kripto di masa yang akan datang termasuk juga untuk mengambil keputusan terbaik agar bisa memperoleh keuntungan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama