Tanda Filter Oli Mesin Mobil yang Harus Diganti dan Tips Memilihnya

Tanda Filter Oli Mesin Mobil yang Harus Diganti dan Tips Memilihnya

Untuk anda yang baru saja melakukan perjalanan jauh atau tinggal di area berdebu, maka akan sering melihat ada banyak kotoran yang tersaring pada filter oli. Kegunaan dari filter oli mesin adalah untuk membersihkan oli mesin sebelum akan disalurkan ke seluruh komponen internal mesin tersebut.

Filter oli tersebut akan menghalangi metal seperti pecahan logam halus, debu atau jelaga tidak sampai masuk ke ruang dalam mesin sehingga tidak mengganggu komponen didalamnya. Untuk itu, tidak hanya memperhatikan oli yang penting dilakukan namun filter oli juga harus diperhatikan dengan baik. Sebagai panduan tambahan, berikut adalah beberapa tanda filter oli mesin mobil yang sudah harus diganti dan tips untuk memilihnya.

1. Temperatur Mesin Mobil yang Terlalu Panas

Jika filter oli buruk, maka bisa berdampak buruk juga pada suplai oli yang diterima mesin mobil anda. Jika oli yang masuk ke mesin mobil semakin sedikit, maka mesin juga tidak bisa menerima pelumasan untuk mencegah terjadinya gesekan antara komponen bergerak.

Gesekan dari komponen mesin yang saling bergerak serta terbuat dari bahan logam tersebut bisa menghasilkan panas dengan lebih cepat. Apabila panas tidak bisa didinginkan dengan oli, maka mesin juga nantinya terlalu panas.

Jika hanya didiamkan, maka mobil bisa mengalami kerusakan parah seperti internal mesin yang melengkung, bantalan mesin dan silinder mesin yang lecet serta piston yang macet. Karena kondisinya panas, maka lampu indikator akan menyala dan memperingati anda jika temperatur mesin mobil bermasalah seperti kegagalan dari fungsi komponen mobil.

2. Menurunnya Tekanan Oli Mesin

Anda sebagai pemilik mobil bisa melihat tekanan oli secara mudah yakni dengan melihat dari pengukur tekanan oli pada dashboard mobil. Jika dalam kondisi yang normal, maka pengukur tekanan oli akan memperlihatkan hasil tekanan oli normal serta konsisten.

Namun apabila tekanan oli mesin terlihat menurun drastis serta tidak menentu saat berkendara, maka ini bisa menjadi tanda terjadinya masalah di mobilanda. Salah satu penyebab dari tekanan oli yang rendah adalah filter oli yang bocor atau mengalami penyumbatan sehingga oli tidak bisa masuk ke dalam mesin.

Tekanan oli yang terlalu rendah tersebut bisa mengakibatkan distribusi tidak berjalan dengan baik dan komponen mesin mengalami kekurangan di pelumas. Apabila hanya dibiarkan, maka mesin bisa overheat dan bahkan turun mesin.

3. Ada Suara Gesekan Logam di Mesin

Penyumbatan filter oli nantinya akan mengurangi pasokan oli pada mesin. Pada saat suplai oli menurun, maka akan terdengar suara gesekan yang kasar pada logan mesin mobil. Jika mobil masih terus melaju dengan kecepatan tinggi, maka bisa berisiko keausan dan menurunnya kualitas komponen dalam mobil.

4. Menurunnya Tenaga Mesin Mobil

Pada saat mesin cepat panas, tekanan oli menurun serta t3erdengar suara kasar di mobil, maka akan mengurangi tenaga mesin secara otomatis. Untuk itu, sebaiknya jangan dipaksakan dan segera service. Jika dipaksakan, maka unit mesin mobil bisa dipastikan overhoule serta butuh biaya perbaikan yang juga semakin banyak.

5. Perhatikan Warna Asap Knalpot

Banyak orang yang beranggapan jika knalpot yang berasap menandakan masalah di salah satu bagian mesin. Pendapat seperti ini bisa saja benar namun juga bisa salah sehingga anda sebaiknya memperhatikan kapan asap keluar dan juga apa warnanya lebih dulu.

Apabila asap yang keluar berwarna putih tipis dan tidak berlangsung lama, maka tidak perlu dikhawatirkan. Ini bisa terjadi karena kondensasi atau pengembunan saat mobil berada di lingkungan bersuhu dingin.

Namun jika asap knalpot berwarna hitam dan kotor, maka menjadi tanda jika filter oli mesin anda yang buruk. Bau oli yang terbakar juga menjadi tanda masalah terjadi di filter oli. Ini bisa terjadi karena filter oli tersumbat sehingga oli akan mengalir ke pembuangan sampai terbakar. Apabila ini yang terjadi, maka filter oli mesin harus segera diganti atau dibawa ke bengkel.

Tips Memilih Filter Oli Pada Mesin Mobil

1. Sesuaikan Dengan Keperluan Mobil

Ada banyak jenis filter oli mesin mobil di pasaran sehingga harus disesuaikan dengan jenis mobil anda. Hal lain yang harus diperhatikan adalah bagian dari filter memang cocok dengan jenis mobil anda. Apabila berbeda, maka filter oli tidak bisa bekerja dengan baik saat mengaliran oli ke seluruh komponen sehingga performa mobil ikut menurun.

2. Periksa Ulir dan Diameter

Pastikan untuk memilih ulir dan diameter lubang yang sesuai dengan jenis mobil. Ulir dan diameter di filter oli tidak bisa dipilih secara asal karena bisa menyebabkan posisi filter tidak kencang bahkan membuat oli merembes sekaligus merusak komponen mobil yang lain.

3. Katup Bypass Serta Anti Balik

Lihat juga katup bypass yang berfungsi untuk memperluas aliran oli apabila sumbatan pada filter terjadi. Selain itu, pastikan juga filter oli memiliki katup anti balik yang terdiri dari ring karet dan ring baja.

Komponen ini berguna sebagai pegas agar oli bisa tetap ada di dalam mesin ketika mobil sedang tidak menyala. Tujuannya adalah untuk mengikat bagian filter oli dengan motor mesin agar tetap ada pada posisinya yang benar.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama